Logo Jagoan Gadget
Mediatek Dimensity 8300 resmi dirilis, Mediatek Dimensity 8300 Resmi Dirilis, Prosesor dengan Generative AI 
Chipset News

Mediatek Dimensity 8300 Resmi Dirilis, Prosesor dengan Generative AI 

Mediatek Dimensity 8300 sudah resmi dirilis ke pasaran. Chipset ini akan merupakan penerus dari seri 8200 yang meluncur pada Desember 2022. Tentunya pembaruan ini membawa teknologi baru yang sangat canggih.

Lantas secanggih apa teknologi yang dibawa oleh Mediatek Dimensity 8300? Penjelasan tentang hal tersebut bisa kamu cek di bawah ini, ya!

Baca juga: Mediatek Dimensity 6100 Plus Resmi, Prosesor 5G Irit Daya 

Mediatek Dimensity 8300 dilengkapi Generative AI

Mediatek Dimensity 8300 sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru, di antaranya adalah adanya pemrosesan Generative AI. Penggunaan Generative AI ini merupakan yang pertama pada ponsel kelas menengah. Ya, adanya prosesor ini memang ditujukan untuk ponsel-ponsel kelas menengah.

Dukungan AI sendiri bisa kamu temukan pada prosesor kelas atas seperti Dimenstiy 9300 atau Snapdragon 8 Gen 3 milik Qualcomm. Adapun dukungan AI yang digunakan adalah untuk memproses konten berdasarkan model bahasanya.

Keceradasan yang ada pada Mediatek Dimensity 8300 yang baru resmi dirilis ini didukung oleh sebuah chip milik APU 780. Bahkan Mediatek bisa melakukan klaim, kalau APU 780 bisa melakukan pemrosesan hingga 10 miliar paramater. Canggih gak?

Baca juga: Snapdragon 4 Gen 2 Resmi Dirilis, Chipset Menengah 4nm!

Adanya APU 780 pada Dimensity 8300 pun diklaim 8 kali lebih cepat dalam melakukan pemrosesan Generative AI. Tidak hanya itu saja, chip ini dua kali lebih cepat dalam melakukan komputasi berdasarkan angka dan data yang kompleks. Rumit lah kalau dijelaskan dalam kata-kata.

APU 780 pada chipset terbaru dari Mediatek ini juga sudah didukung dengan adanya delapan inti prosesor dengan arsitektur Armv9. Delapan inti yang merupakan CPU tersebut terdiri dari satu inti dengan performa tinggi 3,35 GHz, tiga inti 3,0 GHz, serta empat inti 2,2 GHz yang hemat daya.

Baca Juga  Spesifikasi dan Harga Sharp Aquos R7s di Indonesia, Sensor Kamera Besar!

GPU-nya juga lebih canggih

Kemudian pada sektor GPU, Dimensity 8300 melengkapinya dengan penggunaan GPU Arm Mali-G615 MC6. Pemakaian GPU ini diklaim oleh Mediatek 60 persen lebih bisa diandalkan dan 50 persen lebih efisien dibandingkan seri sebelumnya.

Chipset 8300 ini juga sudah menggunakan pengolah gambar Imagiq 980 dengan klaim bisa mendukung konfigruasi satu kamera dengan resolusi hingga 320 MP. Wah, kalau begini ponsel kelas menengah akan lebih gila lagi resolusinya.

Baca juga: Exynos 2400, Chipset Baru untuk Seri Galaxy S24

Sementara fitur lain pada prosesor terbaru ini adalah punya dukungan menggunakan RAM LPDDR5X, ROM dengan UFS 4.0, Bluetooth 5.4, serta masih banyak lagi yang lainnya. Kalau dijelaskan semua gak selesai-selesai ini pembahasannya.

Nah, kamu penasaran dengan ponsel yang akan membawa chipset Mediatek Dimensity 8300 yang sudah resmi dirilis ini tidak? Bila iya, tunggu saja mulai akhir hingga awal tahun 2024, ya!