Logo Jagoan Gadget
Snapdragon G Series, Qualcomm Snapdragon G Series Bakal Jadi Chipset Khusus Konsol Game Portabel
Chipset

Qualcomm Snapdragon G Series Bakal Jadi Chipset Khusus Konsol Game Portabel

Qualcomm Snapdragon G Series resmi diumumkan. Berbeda dengan chipset Qualcomm biasanya, seri yang satu ini dibuat khusus untuk konsol game portabel nih guys.

Yup, bener banget! Konsol game portabel itu mirip seperti Nintendo Switch atau Ayaneo, tapi kalau yang berbasis Snapdragon G Series, platformnya Android ya.

Chipset tersebut berbeda dari Snapdragon 4 Gen 2 yang belum lama ini dirilis, misalnya.

Bayangin gimana asyiknya kamu bisa mainin ribuan game di Play Store dengan performa yang super kencang. Apalagi untuk game-game yang biasanya bikin HP ngos-ngosan seperti Genshin Impact, tentu bakal lebih lancar dimainkan pada perangkat dengan Snapdragon G Series.

Snapdragon G Series, Qualcomm Snapdragon G Series Bakal Jadi Chipset Khusus Konsol Game Portabel

Nah Snapdragon G Series ini terdiri dari Snapdragon G1, Snapdragon G2, dan Snapdragon G3. Snapdragon G1 jadi yang paling basic dan cocok untuk konsol genggam tanpa kipas yang memainkan game secara lokal maupun lewat cloud.

Performanya mengandalkan Snapdragon G1 Gen 1 Platform dengan prosesor Qualcomm Kryo (8 Core) dan GPU Qualcomm Adreno A11. Dengan chipset ini, kamu bisa memainkan game lebih lama karena efisien dayanya paling gokil.

Baca juga: Snapdragon X75 5G Pecahkan Rekor Download Tercepat

Kalau Snapdragon G2 lebih di atasnya, bagi dari segi performa dan konektivitas. Snapdragon G2 menggunakan Snapdragon G2 Gen 1 Platform dengan CPU Kryo 8-core dan GPU Adreno A21. Untuk chipset ini, Qualcomm menambahkan Snapdragon X62 5G Modem-RF System dan Wi-Fi 6/6E.

Menurut Qualcomm yang paling sangar adalah Snapdragon G3 dengan Snapdragon G3x Gen 2. Prosesornya Kryo 8-core dan menggunakan GPU GPU Adreno A32. Game yang kamu mainkan dengan chip ini dapat mengaktifkan fitur Ray Tracing, resolusi super untuk gaming, XR Glass Tethering, dan sebagainya.

Baca Juga  Snapdragon 4 Gen 2 Resmi Dirilis, Chipset Menengah 4nm!

Meski begitu, jangan terlalu berharap konsol genggam dengan Snapdragon G Series bakal hadir dalam waktu dekat ya. Untuk sekarang belum ada bocoran sama sekali. Sabar ya!

Selain Qualcomm, sebenarnya ada perusahaan lain yang gemar merilis produk chipset. Salah satunya adalah Samsung melalui produk Exynos. Salah satu produk yang belum lama ini dirilis adalah Exynos 2400.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *