Logo Jagoan Gadget
Tipe kabel USB, Mengenal Tipe Kabel USB dan Perbedaannya
Tips

Mengenal Tipe Kabel USB dan Perbedaannya

Saat ini konektivitas merupakan elemen utama dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari komputer hingga smartphone, kabel USB menjadi nadi yang menyatukan semuanya.

Namun tahukah kamu kabel USB memiliki berbagai tipe? Mungkin sebagian dari kamu sudah mengenal USB Type-A, Type-C, dan micro USB. Tetapi apa yang membedakan ketiganya?

Selain tipe-tipe USB yang umum dikenal berdasarkan bentuk fisiknya, ada pula enam tipe yang diidentifikasi dengan angka. Mari kita telusuri seperti apa perbedaannya

Tipe berdasarkan angka

Sejauh ini, ada enam tipe USB yang generasinya ditandai dengan angka. Pahami baik-baik ya!

USB 1.1

Sebagai penerus dari USB 1.0, tipe ini menawarkan konektor model Type-A dan Type-B. Bisa dibilang teknologi sudah cukup jadul, tapi menandai dimulainya era USB setelah versi 1.0 yang kurang banyak diadopsi oleh perangkat pada era tersebut.

USB 2.0

Menggantikan USB 1.1 pada tahun 2000, USB 2.0 menonjol dengan kecepatan transfer data 40 kali lipat lebih cepat daripada pendahulunya, mencapai 480 Mbps.

USB 3.0

Generasi ini hadir karena kebutuhan pengguna terhadap kecepatan yang lebih tinggi. Kabel USB 3.0 menawarkan kecepatan transfer hingga 5.120 Mbps. Oleh karena itu ideal untuk transfer file berukuran besar. Versi ini memiliki kemampuan backward compatibility terhadap USB 2.0

USB 3.1 dan 3.2

Versi 3.1 dirilis pada 2013 dengan kecepatan transfer hingga 10 Gbps, sementara penerusnya, 3.2, yang muncul beberapa tahun kemudian, memiliki kecepatan transfer mencapai 20 Gbps. USB 3.2 kemudian populer karena kemampuannya mendukung konektor Type-C yang kini familiar di banyak perangkat.

Baca Juga  Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo Gak Pakai Repot

Tipe kabel USB berdasarkan bentuk fisiknya

Selain dibedakan dengan angka, kamu juga bisa membedakan tipe USB berdasarkan bentuk fisiknya.

USB Type-A

Merupakan tipe USB yang paling umum digunakan saat ini, dikenal dengan bentuk persegi dan dimensi yang lebar. Hampir semua desktop, laptop, dan perangkat lainnya menggunakan koneksi ini. Tidak hanya itu, konsol game, televisi, DVD, dan Blu-Ray player juga sering dilengkapi dengan port USB Type-A.

USB Type-B

Type-B biasa digunakan pada printer dan scanner ke komputer, namun sayangnya popularitasnya kini semakin menurun dengan munculnya tipe USB yang lebih efisien.

USB Type-C

Tipe yang sudah banyak tersedia pada laptop dan ponsel sekarang. USB Type-C menawarkan desain oval dengan konektor simetris. Lalu kemampuannya untuk mengalirkan daya dan mentransfer data lebih cepat menjadikannya pilihan utama. Bahkan iPhone terbaru pun pakai Type-C.

Baca juga: 10 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik 2023

Micro USB

Saat ini microUSB telah digantikan oleh Type-C di banyak perangkat, tapi kamu masih bisa menemukannya di beberapa ponsel, powerbank, dan perangkat lainnya.

Mini USB

Sebelum popularitas Micro USB, Mini USB umum digunakan di ponsel, MP3 player, hard disk eksternal, dan gamepad konsol PlayStation. Meskipun lebih kecil dari USB Type-A dan Type-B, bentuknya sedikit lebih tebal dibandingkan dengan Micro USB.

Lightning

Dirancang khusus oleh Apple untuk perangkat mereka, kabel Lightning digunakan untuk menyambungkan iPhone dan iPad ke komputer serta charger.

USB Micro B Superspeed

Tipe ini paling jarang dipakai namun biasanya digunakan untuk menghubungkan hard disk eksternal ke komputer dan televisi. Kecepatan transfer datanya hingga 5 Gbps.

USB OTG

Tipe ini biasanya digunakan pada ponsel dan tablet Android, agar memungkinkan sambungan media penyimpanan eksternal seperti flash drive ke perangkat mobile dengan port Micro USB.

Baca Juga  Cara Instan Pindah Isi WhatsApp ke HP Baru

Semoga informasi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang berbagai jenis kabel USB yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.